Kelebihan (Manfaat) dan Kekurangan Root pada Android

7 09 2012

Bagi anda yang mempunyai perangkat Tablet PC atau Ponsel/Handphone berbasis Android pasti sering mendengar Root Android, namun meskipun begitu tidak sedikit orang yang masih belum paham apa itu root serta tujuan melakukan rooting maupun Manfaat/Kelebihan dan Kekurangan melakukan Rooting pada perangkat Android itu sendiri. nah untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

Apa itu Root Android
Root Android adalah proses pemberian hak akses penuh (tak terbatas) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user, dengan begitu user dapat melakukan Kustomisasi baik itu tuning performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri. jadi bagi seorang pengembang software, root dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan apa saja yang ada dalam Sistem Android.

Karena fungsinya yang sangat membebaskan seorang user yang mungkin saja bagi seorang pengguna yang kurang memahami proses-proses yang ada dan dapat memberikan resiko terhadapa OS menjadi tidak stabil, misalkan saja salah menghapus file-file sistem penting, maka tidak heran pengembang Android tidak memberikan akses Root secara default sejak anda membeli perangkat android tersebut.

Kelebihan Root Android
Salah satu keuntungan serta Manfaat dari Root Android ialah

  • Dapat meng-install aplikasi apa saja yang membutuhkan Akses Root misalkan App2Card, Link2SD, Titanium Backup, Aplikasi ScreenShot, Wi-Fi tether dan masih banyak lagi.
  • Dapat melakukan kustomisasi atau perubahan untuk memaksimalkan kinerja ponsel, seperti overclock processor, meng-uninstall/hapusaplikasi bawaan dari pabrikan yang tidak di inginkan dan yang membuat berat perangkat anda, dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan fungsi Root Android.

Kekurangan Root Android
Kekurangan dari perangkat Android yang sudah di Rooting diantaranya ialah

  • Dapat menghilangkan garansi: jika anda membawa ke Service Center dalam keadaan sudah ter Rooting. namun hal ini masih bisa di akali dengan cara melakukan Unroot kemudian melakukan factory reset untuk mengembalikan semua perubahan.
  • Masalah keamanan: jika anda salah menambahkan, delete, atau salah eksekusi file sistem maka bisa berakibat fatal untuk Tablet/HP anda

Jadi kesimpulan yang bisa diambil ialah, proses Root Android sangatlah berguna bagi seseorang terutama bagi pengembang untuk memiliki control penuh terhadap OS Android pada Tablet PC/Handphone yang di milikinya untuk di kustomisasi, namun di lain sisi resiko dapat muncul bila tidak dilakukan secara hati-hati dan digunakan oleh orang minim pengetahuan akan Sistem pada Android.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar